Minggu, 17 Februari 2013

Contoh RPP untuk PKG

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/ Semester           : VI/ I
Alokasi Waktu            : 1x pertemuan (1x 35 menit)


 
A.    Standar Kompetensi       :
5. Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran dan kegunaan benda

B.     Kompetensi Dasar
5.1 Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda

C. Indikator
o  Melakukan percobaan untuk menyelidiki benda yang bersifat sebagai konduktor dan
 isolator panas

D.                Tujuan Pembelajaran:
o  Siswa dapat membedakan pengertian konduktor panas dan isolator panas.
o  Siswa melakukan percobaan untuk menyelidiki benda yang bersifat konduktor panas
 dan isolator panas.
o  Siswa dapat  menjawab soal pada lembar kegiatan
o  Siswa dapat  menyebutkan beberapa benda yang tergolong konduktor
o  Siswa dapat  menyebutkan beberapa benda yang tergolong isolator 
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

E.       Materi Pembelajaran
Benda konduktor panas dan isolator panas.
Panas dapat merambat dari satu benda ke benda lain dengan cara konduksi.
Konduktor panas adalah benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik. Contohnya besi, aluminium, tembaga.
Isolator panas adalah benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Contohnya bambu, kayu, plastic, kain, dan lain-lain.
Contoh alat dapur yang memanfaatkan sifat kalat onduktor panas yaitu: panci, wajan, ceret, setrika, dan lain-lain.
Contoh alat dapur /yang memanfaatkan sifat isolator panas yaitu, gagang sinduk, gagang sodet, gagang strikaan, gagang solder, termos, dan lain-lain.

F.       Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Experiment
4.      Diskusi
G.       Langkah-langkah Pembelajaran
a.       Kegiatan awal (5 menit)
-       Mengondisikan siswa pada situasi siap untuk belajar.
-       Menyampaikaan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
-       Mengaitkan pelajaran yang lalu dengan yang akan diajarkan yaitu tentang perpindahan panas konduksi (sebagai apersepsi)

b.      Kegiatan Inti  ( 25 menit )
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
memfasilitasi peserta didik dalam persiapan melakukan percobaan /eksperimen.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
Ø  Membedakan pengertian  benda konduktor dan isolator panas.
Ø  Melakukan kegiatan experiment untuk menyelidiki benda konduktor panas dan isolator panas.
Ø  Menjawab soal pada lembar kegiatan LKS.
Ø  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
Ø  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
Ø  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
Ø  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Ø  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
Ø  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikanpenguatan  dan penyimpulan

c.       Kegiata akhir (5 menit)
Ø  Memberikan kesimpulan bahwa konduktor adalah benda yang dapat menghantarkan panas dan isolator adalah benda yang tidak dapat menghantarkan panas
Ø  Post tes
Ø  Tindak lanjut (PR)
Ø  Menutup pelajaran

H.      Alat/ Sumber Pembelajaran
Alat            : lilin, korek api, lidi, kawat, bambu, besi, baja, aluminium, seng, tembaga,
                     plastik, ranting/ kayu, rotan, kramik, kaca.
Sumber       :
1.    Buku Sains 6 Mengamati Alam Semesta untuk SD kelas 6 karangan Dede Yaya Dkk. 62-66. Penerbit sinergi, 2004.Buku
2.    Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk kelas VI SD, karangan Dwi Suhartanti Dkk. Penerbit Pusat Perbukuan Nasional Jakarta 2008.

I.         Penilaian
1.      Jenis tes           : tes tertulis
2.      Bentuk tes       : Essay

J.         Instrumen soal

a.         Jawablah pertanyaan di bawah ini
1.      Apa perbedaan konduktor panas da isolator panas?
2.      Sebutkan 3 benda yang termasuk konduktor panas!
3.      Sebutkan 3 benda yang termasuk isolator panas!
4.      Sebutkan 3 alat dapur yang memanfaatkan sifat konduktor panas!
5.      Sebutkan 3 alat dapur yang memanfaatkan sifat isolator panas!

b.        Kunci Jawaban
1.      Konduktor panas adalah benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik. Isolator  panas adalah benda yang tidak dapat menghantarkan panas.
2.      Kawat, besi, baja, aluminium,
3.      Plastic, kayu, bambu, rotan.
4.      Strika, panci, kwali wajan.
5.      Termos, gagang pengaduk sayur, gagang sodet.

c.         Kriteria Penilaian
1.      Banyak soal 5
2.      Jawaban yang benar diberi skor  1, jawaban salah diberi skor 0
3.      Nilai Akhir  = jumlah skor/5 x 10

 
Mengetahui                                                                                
Kepala Sekolah                                                                                                 guru kelas


______________________                                                                        ________________
NIP: ......................................                                                                    NIP: ..............................


 


Lembar Kerja Siswa

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/ Semester           : VI/ I
Kompetensi Dasar       : Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda
Indikator                      : Melakukan percobaan untuk menyelidiki benda yang bersifat sebagai
  konduktor dan isolator panas
Alat                              : lilin, korek api, lidi, kertas, bambu, besi, baja, aluminium, seng,
                                      tembaga,  plastik, ranting/ kayu, rotan, kaca.(masing-masing benda
                                      panjangnya 10 cm ).
Petunjuk!
1.      Nyalakan lilin dengan korek api
2.      Ambil benda yang akan diuji satu persatu sesuai urutan dalam LKS
3.      Bakar ujung benda tersebut pada lilin
4.      Waktu membakar untuk membakar ujung benda hanya selama 1 menit
5.      Hentikan membakar jika ujung yang dipegang terasa panas atau sudah 1 menit
6.      Catatlah hasil percobaanmu dalam bentuk tabel seperti di bawah ini!

NO
Benda yang diuji
Konduktor
Isolator
1.       
Besi/baja


2.       
Bambu


3.       
Seng


4.       
Kayu


5.       
Aluminium


6.       
Rota


7.       
Tembaga


8.       
Kertas


9.       
Kaca


10.   
Plastik



Kesimpulan:
1.      Benda-benda yang termasuk konduktor yaitu:………………………………………
           ...................................................................................................................................
2.      Benda –benda yang termasuk isolator yaitu :
…………………………………………………………………………………………
.......................................................................................................................................
3.      Jadi, konduktor adalah ……………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………
4.      Isolator adalah ……………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………


 Kelompok      : …..

1.      ………………………………
2.      ………………………………
3.      ………………………………
4.      ………………………………
5.      ………………………………



Sumber : http://linduajicom.blogspot.com/2012/12/contoh-rpp-ipa-untuk-pkg.html

PKG dan PKB

INGAT 2013 (TAHUN INI MULAI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2013/2014) DIBERLAKUKAN PERMENPAN dan RB NO. 16/2009
Pada dasarnya peningkatan kualitas diri seseorang harus menjadi tanggung jawab diri pribadi. 
Oleh karenanya usaha peningkatan kualitas guru terletak pada diri guru sendiri. 
Untuk itu diperlukan adanya kesadaran pada diri guru untuk senantiasa dan secara terus menerus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan yang diperlukan guna peningkatan kualitas kerja sebagai pengajar profesional.
Dengan Permenegpan dan RB No.16/2009 merupakan (Peraturan baru yang terdiri dari 13 Bab dan 47 pasal, secara keseluruhan mengandung semangat yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru yang selanjutnya akan menjadikan guru sebagai pekerjaan profesional yang dibingkai oleh kaidah-kaidah profesi yang standar.), Apakah kita sudah mempelajarinya?
Jenjang kepangkatan dan jabatan yang tinggi hanya bisa dicapai oleh guru yang memiliki kualitas profesional yang memadai.
Sudah barang tentu alur pikir tersebut didasarkan pada asumsi bahwa peningkatan jenjang kepangkatan dan jabatan guru berjalan seiring dengan peningkatan pendapatannya

INSTRUMEN PK GURU BK
INSTRUMEN PK KEPALA SEKOLAH

Sumber
1. http://media-gurusimo4.blogspot.com/2012/06/pk-guru-dan-pkb.html
2. http://tuadasiussitanggangantede.wordpress.com/2012/12/21/instrumen-pk-guru-revisi-2-mei-2012/

Panduan Penggunaan E-Kinerja Guru


Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah Meluncurkan Situs Kinerja Guru

     Ekinerja guru dibuat sebagai sarana untuk menginput data-data dari hasil Penilaian KinerjaGuru, baiitu guru kelas atau guru mata pelajaran, guru BK, Kepala Sekolah maupun gurdengaTugaTambahan.
     Untuk masuk kedalam ekinerjaguru kita bisa mengetikan alamat website langsung padabrowsedengan alamat http://www.ekinerjaguru.org/
     Begitu masuk ke website akan tampak halaman beranda yang berisi banner, kalender,artikel daberita terbaru, agenda serta ikon untuk masuk ke halaman forum diskusi. Di bagianatas di bawah header ada menu. Menu yang bisa di akses tanpa login adalah menu berandabeserta sub menu ddalamnya.
     Disamping sebagai sarana untuk mengimput data didalamnya juga ada media yang diberi nama FORUM KINERJA GURU yang dibuat sebagai sarana untuk berdiskusi mengenaipenggunaan aplikasi ekinerjguru meliputi bagaimana caranya input data guru, input datahasil penilaian kinerja guru, melihat laporan dan lain sebagainya yang terkait dengan aplikasipenilaian kinerja guru.  
     Berikut ini akan dijelaskan bagaimana caranya mulai masuk ke dalam E-KINERJA GURU dan FORUM E-KINERJA GURU, Mulai dari ekinerjaguru.org, input data, sampai melihatlaporan yang telah diinput,.registrasi sampamembuat topik baru dan membalas topik yangsudah ada.      
Berikut ini akan dijelaskan bagaimana caranya  
     Panduan dapat di Downlod dibawah ini
1. Panduan E-KINERJA GURU  
2. Pabduan Forum E-KINERJA GURU