Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/ Semester : VI/ I
Alokasi Waktu : 1x pertemuan (1x 35 menit)
A. Standar Kompetensi :
5. Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran dan kegunaan benda
B. Kompetensi Dasar
5.1 Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda
C. Indikator
o Melakukan percobaan untuk menyelidiki benda yang bersifat sebagai konduktor dan
isolator panas
D. Tujuan Pembelajaran:
o Siswa dapat membedakan pengertian konduktor panas dan isolator panas.
o Siswa melakukan percobaan untuk menyelidiki benda yang bersifat konduktor panas
dan isolator panas.
o Siswa dapat menjawab soal pada lembar kegiatan
o Siswa dapat menyebutkan beberapa benda yang tergolong konduktor
o Siswa dapat menyebutkan beberapa benda yang tergolong isolator
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
E. Materi Pembelajaran
Benda konduktor panas dan isolator panas.
Panas dapat merambat dari satu benda ke benda lain dengan cara konduksi.
Konduktor panas adalah benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik. Contohnya besi, aluminium, tembaga.
Isolator panas adalah benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Contohnya bambu, kayu, plastic, kain, dan lain-lain.
Contoh alat dapur yang memanfaatkan sifat kalat onduktor panas yaitu: panci, wajan, ceret, setrika, dan lain-lain.
Contoh alat dapur /yang memanfaatkan sifat isolator panas yaitu, gagang sinduk, gagang sodet, gagang strikaan, gagang solder, termos, dan lain-lain.
F. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Experiment
4. Diskusi
G. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan awal (5 menit)
- Mengondisikan siswa pada situasi siap untuk belajar.
- Menyampaikaan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
- Mengaitkan pelajaran yang lalu dengan yang akan diajarkan yaitu tentang perpindahan panas konduksi (sebagai apersepsi)
b. Kegiatan Inti ( 25 menit )
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
memfasilitasi peserta didik dalam persiapan melakukan percobaan /eksperimen.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
Ø Membedakan pengertian benda konduktor dan isolator panas.
Ø Melakukan kegiatan experiment untuk menyelidiki benda konduktor panas dan isolator panas.
Ø Menjawab soal pada lembar kegiatan LKS.
Ø memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
Ø memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
Ø memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
Ø memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Ø Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
Ø Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikanpenguatan dan penyimpulan
c. Kegiata akhir (5 menit)
Ø Memberikan kesimpulan bahwa konduktor adalah benda yang dapat menghantarkan panas dan isolator adalah benda yang tidak dapat menghantarkan panas
Ø Post tes
Ø Tindak lanjut (PR)
Ø Menutup pelajaran
H. Alat/ Sumber Pembelajaran
Alat : lilin, korek api, lidi, kawat, bambu, besi, baja, aluminium, seng, tembaga,
plastik, ranting/ kayu, rotan, kramik, kaca.
Sumber :
1. Buku Sains 6 Mengamati Alam Semesta untuk SD kelas 6 karangan Dede Yaya Dkk. 62-66. Penerbit sinergi, 2004.Buku
2. Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk kelas VI SD, karangan Dwi Suhartanti Dkk. Penerbit Pusat Perbukuan Nasional Jakarta 2008.
I. Penilaian
1. Jenis tes : tes tertulis
2. Bentuk tes : Essay
J. Instrumen soal
a. Jawablah pertanyaan di bawah ini
1. Apa perbedaan konduktor panas da isolator panas?
2. Sebutkan 3 benda yang termasuk konduktor panas!
3. Sebutkan 3 benda yang termasuk isolator panas!
4. Sebutkan 3 alat dapur yang memanfaatkan sifat konduktor panas!
5. Sebutkan 3 alat dapur yang memanfaatkan sifat isolator panas!
b. Kunci Jawaban
1. Konduktor panas adalah benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik. Isolator panas adalah benda yang tidak dapat menghantarkan panas.
2. Kawat, besi, baja, aluminium,
3. Plastic, kayu, bambu, rotan.
4. Strika, panci, kwali wajan.
5. Termos, gagang pengaduk sayur, gagang sodet.
c. Kriteria Penilaian
1. Banyak soal 5
2. Jawaban yang benar diberi skor 1, jawaban salah diberi skor 0
3. Nilai Akhir = jumlah skor/5 x 10
Mengetahui
Kepala Sekolah guru kelas
______________________ ________________
NIP: ...................................... NIP: ..............................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/ Semester : VI/ I
Kompetensi Dasar : Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda
Indikator : Melakukan percobaan untuk menyelidiki benda yang bersifat sebagai
konduktor dan isolator panas
Alat : lilin, korek api, lidi, kertas, bambu, besi, baja, aluminium, seng,
tembaga, plastik, ranting/ kayu, rotan, kaca.(masing-masing benda
panjangnya 10 cm ).
Petunjuk!
1. Nyalakan lilin dengan korek api
2. Ambil benda yang akan diuji satu persatu sesuai urutan dalam LKS
3. Bakar ujung benda tersebut pada lilin
4. Waktu membakar untuk membakar ujung benda hanya selama 1 menit
5. Hentikan membakar jika ujung yang dipegang terasa panas atau sudah 1 menit
6. Catatlah hasil percobaanmu dalam bentuk tabel seperti di bawah ini!
Kesimpulan:
1. Benda-benda yang termasuk konduktor yaitu:………………………………………
...................................................................................................................................
2. Benda –benda yang termasuk isolator yaitu :
…………………………………………………………………………………………
.......................................................................................................................................
3. Jadi, konduktor adalah ……………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………
4. Isolator adalah ……………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………
Kelompok : …..
1. ………………………………
2. ………………………………
3. ………………………………
4. ………………………………
5. ………………………………
Sumber : http://linduajicom.blogspot.com/2012/12/contoh-rpp-ipa-untuk-pkg.html
|